Adab Berhenti di Jalan Tol, Perhatikan!

Adab Mobil Berhenti di Tol
Etika Berhenti di Jalan Tol. Foto : www.futuready.com
OtoAA.net - Jalan tol adalah jalan yang biasanya digunakan untuk kendaraan bersumbu dua atau lebih seperti mobil, bus, truk dengan tujuan untuk mempersingkat jarak dan waktu untuk cepat sampai. Namun untuk menggunakan jalan ini, sahabat harus membayar sesuai dengan tarif yang ditetapkan. Penerapan tarif dibagi berdasarkan golongan kendaraan.

Dengan berbagai fasilitas menarik ketika melewati jalan ini, tak menutup kemungkinan dengan permasalahan yang akan terjadi pada kendaraan. Untuk itu, mengganti dengan oli terbaik adalah sebuah pilihan yang harus dilakukan.

Jangan lupa untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum melintas jalan tol. Namun jika tiba-tiba terjadi permasalahan, tetap tenang, ada bahu jalan yang bisa digunakan untuk mengatasi keadaan darurat.

Jika menemukan permasalahan pada mobil sahabat, sahabat bisa menepi dan berhenti sebentar di bahu jalan. Namun, masih perlu bahan perhatian banyak orang yang lalai dan kurang mengetahui bagaimana cara yang baik berhenti di jalan tol.  Dalam berbagai kondisi kita perlu menggunakan etika, agar tidak sampai mencelakakan kendaraan yang lain. Ini dia etika berhenti di jalan tol dalam situasi darurat.

1. Menyalakan Lampu Hazard

Jika sahabat menemukan masalah yang terjadi pada mobil dan merasa harus berhenti untuk menepi, hal yang harus dilakukan adalah mengaktifkan lampu hazard secepat mungkin. Tapi, jika dengan menyalakan lampu hazard, terdapat kemungkinan pengemudi di bagian kiri sahabat justru tidak mengetahui jika akan menepi sehingga tak memberikan ruang. Kendati yang lebih bagus menyalakan lampu hazard, sahabat bisa menyalakan lampu sein ke kiri supaya pengemudi di bagian kiri memberikan ruang.

2. Berhati-hati Ketika Hendak Menepi

Ketika terjadi permasalahan memang memaksa sahabat untuk secepat mungkin untuk menepi. Namun jangan lupa untuk selalu memastikan sahabat menepi dengan hati-hati. Lihatlah dahulu kaca spion dengan saksama dan waspada terhadap blind spot.

3. Tetap Aktifkan Lampu Hazard

Walaupun sudah sukses menepi, jangan dahulu matikan lampu hazard. Tetaplah aktifkan lampu hazard sebagai penanda bahwa mobil terpaksa menepi karena keadaan darurat.

4. Segera Perbaiki Masalah Mobil Sahabat

Setelah berhasil memarkirkan kendaraan dengan baik. Sahabat bisa lakukan sesegara mungkin untuk memperbaiki permasalahan mobil. Namun apabila masalah benar-benar tidak dapat teratasi dalam waktu 10-15 menit, segera untuk memanggil call center jalan tol di mana Anda bertempat.

Berikut itulah cara menepi yang baik ketika terjadi keadaan darurat di jalan tol. Semogga berguna dan jangan lupa untuk tetap eling lan waspada!

0 Response to "Adab Berhenti di Jalan Tol, Perhatikan!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel