Ternyata Angin Nitrogen Memiliki Kualitas Lebih Baik!

Angin Oksigen
Mengisi Angin Ban dengan Nitrogen. Foto : https://lab.zleeb.com
 OtoAA.net - Ban yang digunakan kendaraan bermotor biasanya diisi angin oksigen yang berasal dari mesin kompresor. Namun seiring perkembangan zaman mengisi angin motor bisa dilakukan dengan cara lain, yakni dengan memakai nitrogen.

Jika disandingkan dengan oksigen, angin nitrogen memiliki kelemahan harga yang lebih mahal di jasa-jasa tambal ban atau biasanya ada di dekat POM bensin. Namun apakah kualitasnya mampu mengalahkan kualitas angin oksigen?

Dilansir dari laman suzuki.co.id, angin nitrogen dijelaskan memiliki keunggulan lebih baik dibandingkan dengan angin oksigen. Karena, angin nitrogen tidak gampang keluar dari sela-sela karet ban. Berbanding terbalik dengan gas oksigen yang mudah keluar dari ban.

Oksigen diketahui mempunyai pori-pori daripadan pori-pori karet ban. Jadi apabila dibiarkan selama seminggu contohnya, oksigen akan keluar secara perlahan pada ban.

Selain itu nitrogen juga mampu menjaga menyetabilkan tempratur pada ban agar tetap terjaga. Misalnya, kendaraan yang dipaksa untuk dipacu pada kecepatan tinggi, dengan ban yang menggunakan nitrogen, tempratur ban akan terjaga suhunya sehingga tidak gampang naik.

Apabila kondisi suhu ban cepat panas makan akan membahayakan. Sebab karet akan mudah berubah menjadi empuk, membuat lebih cepat tergesek kemudian lapisan yang berada di dalam mampu terpisah, sehingga membuat kondisi ban tidak tahan lama.

Nitrogen yang saat ini bisa didapatkan di bengkel maupun SPBU umumnya mempunyai kadar oksigen juga, namun tidak begitu banyak. Kendati memiliki kandungan oksigen, gas nitrogen memiliki kualitas lebih baik karena tidak gampang keluar dari ban. Jadi memiliki tingkat kebocoran yang rendah dan lebih baik untuk dipakai sehari-hari.

0 Response to "Ternyata Angin Nitrogen Memiliki Kualitas Lebih Baik!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel